RAPAT KOORDINASI TIM PEMBINA JASA KONSTRUKSI KAB./KOTA SE-JAWA TENGAH

Semarang – Pada Rabu (18/10/2023) telah dilaksanakan Acara Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi Kab./Kota Se-Jawa Tengah di Hotel Grasia Semarang. Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi Kab./Kota Se-Jawa Tengah adalah Pembinaan jasa konstruksi untuk Tim Pembina Jasa Konstruksi pada masing-masing Pemerintah Daerah. Pembinaan jasa konstruksi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota antara lain pelatihan tenaga terampil, pengelolaan sistem informasi jasa konstruksi cakupan Kab/kota, penerbitan perizinan berusaha bidang jasa konstruksi dan pengawasan tertib usaha, penyelenggaraan, & pemanfaatan jasa konstruksi. Pembinaan jasa konstruksi yang dapat dilakukan kepada masyarakat jasa konstruksi yang terdiri atas asosiasi perusahaan, asosiasi profesi, lembaga Pendidikan dan pelatihan kerja, pengguna Jasa, penyedia Jasa, perguruan tinggi/pakar, pelaku rantai pasok, tenaga kerja konstruksi (TKK), pemerhati konstruksi, lembaga sertifikasi jasa konstruksi dan pemanfaat produk Jakon. Acara Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi Kab./Kota Se-Jawa Tengah ini dibuka oleh Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ir. A. R. Hanung Triyono, M.Si.

Dalam sambutannya, Hanung mengingatkan untuk Tim Pembina Jasa Konstruksi sudah harus mempersiapkan pemenuhan untuk mewujudkan tertib usaha jasa konstruksi. Proses ini sebagai proses alamiah mewujudkan Penyedia Jasa yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. ‘’Kami berharap agar selalu meningkatkan  pengetahuan bagi Tim Pembina Jasa Konstruksi Kabupaten/Kota di Jawa Tengah’’ imbuh Hanung.

Selanjutnya Hanung mengatakan untuk meningkatkan pengetahuan Tim Pembina Jasa Konstruksi Kabupaten/Kota di Jawa Tengah terkait tugas pembinaan jasa konstruksi di daerah, Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah menyenggarakan Rapat Koordinasi ini dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Kelembagaan Dan Sumber Daya Konstruksi Direktorat Jendral Bina Konstruksi Kementerian PUPR dengan materi Kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi di Daerah dalam Kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi di Daerah. ‘’saya harapkan setelah dari Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi ini para peserta memperoleh infomasi yang sebanyak-banyaknya dari narasumber yang kompeten di bidangnya, sehingga terlaksana penyelenggaraan jasa konstruksi yang makin baik '' kata Hanung.

Dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi Kab./Kota Se-Jawa Tengah juga dilaksanakan diskusi panel yang menghadirkan ahli narasumber dari Direktorat Kelembagaan Dan Sumber Daya Konstruksi Direktorat Jendral Bina Konstruksi. (bjk-elf)