PEMBUKAAN RAKERNAS KADIN INDONESIA BIDANG PEKERJAAN UMUM PERUMAHAN RAKYAT DAN INFRASTRUKTUR

Semarang – Pada Kamis (31/8/2023) telah dilaksanakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Infrastruktur di Hotel Tentrem. Rakernas yang mengusung tema “Kolaborasi KADIN Indonesia dan KADIN Daerah dalam Meningkatkan Daya Saing Badan Usaha dan Tenaga Kerja Konstruksi Guna Mewujudkan Infrastruktur Hijau” ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Di sela sambutannya, Ganjar mengajak KADIN Indonesia untuk bersama-sama mengelola seluruh infrastruktur yang telah dibangun agar terus menggerakkan roda perekonomian, menekan angka kemiskinan dan mewujudkan Infrastruktur Hijau Berkelanjutan. “Ini tentunya menjadi PR bersama, bagaimana kita dapat me-unitisasi seluruh infrastruktur yang sudah dibangun. Kedua, bagaimana kita menyiapkan infrastruktur ke depan untuk mengejar ketertinggalan, tentu saja merespon tantangan global terkait dengan kondisi lingkungan,” kata Ganjar.

Selanjutnya Ganjar menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Infrastruktur Hijau diperlukan Sumber Daya Manusia yang terampil. “Kami berupaya menyiapkan SDM terampil untuk membangun infrastruktur hijau Indonesia di masa depan, melalui sekolah vokasi di Jateng.'' tambah Ganjar.

Hal ini diaminkan oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Harry Nuryanto bahwa pengelolaan seluruh infrastruktur yang telah dibangun tentunya harus melibatkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten. “Kita bersama Kadin Indonesia akan berdiskusi dan merumuskan langkah langkah yang strategis dalam mewujudkan Infrastruktur hijau dan bekelanjutan. Selain itu, khususnya di Jawa Tengah Kami akan menyelaraskan kurikulum dari industri dengan sekolah yang menangani hal itu. Artinya kita akan mematchingkan kurikulum belajarnya sesuai denga apa yang diterapkan di bidang bidang industri di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Dalam rangkaian acara Rakernas KADIN Indonesia Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Infrastruktur ini juga dilaksanakan Diskusi Panel yang menghadirkan tokoh-tokoh ternama di bidang Infrastruktur. Dalam Diskusi Panel ini menguatkan kembali pembahasan mengenai Kebijakan Pemerintah dalam Bidang PUPR dan Infrastruktur, Infrastruktur Hijau dan Berkelanjutan serta mengenai Tantangan Tenaga Kerja Konstruksi Nasional yang menghasilkan rumusan-rumusan Program Kerja KADIN Indonesia dalam mendukung pembangunan nasional serta meningkatkan kompetensi dan daya saing para anggota KADIN Indonesia dalam bidang konstruksi dan infrastruktur nasional. (bjk-amr)