Pameran Virtual Infrastruktur Ke-PU-aN dalam Rangka Hari Bakti PU KE-77

Semarang - Memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 yang jatuh pada hari ini 3 Desember 2022 Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah mengadakan Pameran Virtual akan berlangsung selama 9 (Sembilan) hari dari tanggal 1-9 Desember 2022, dengan mempresentasikan hasil pembangunan infrastruktur ke-PU-an di Provinsi Jawa Tengah. sesuai motto Hari Bakti PU ke-77 yaitu “Sigap Membangun Negeri”, maka Pameran Virtual Infrastruktur Ke-PU-an ini mengambil tema “Sigap Membangun Negeri, Sigap Membangun Jawa Tengah”.

Pameran visual ini kita dapat menyaksikan hasil pekerjaan-pekerjaan konstruksi dan kegiatan non konstruksi yang dilaksanakan oleh Instansi Dinas ke-PU-an dan lingkup Kementerian PUPR yang ada di Jawa Tengah, antara lain: Dinas PUSDATARU Prov. Jateng, Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Prov. Jateng, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Prov. Jawa Tengah, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana dan Bengawan Solo, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jateng-DIY, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah.

Hasil Pembangunan Infrastruktur ke-PU-an meliputi hasil kegiatan pembangunan pada sektor pengairan, kebinamargaan dan  keciptakaryaan serta perumahan dan kawasan permukiman, baik dengan pembiayaan APBD Provinsi dan APBN, antara lain: Pembangunan Bendung, Embung dan Saluran Irigasi, Pembangunan Jalan dan Jembatan, Pembangunan Prasarana dan Sarana Air Bersih, Air Limbah Domestik dan Persampahan serta Perumahan dan Kawasan Permukiman

Disamping berisi pembangunan infrastruktur yang telah dilaksanakan, pada pameran kali ini kita juga dapat menyaksikan kegiatan-kegiatan rangkaian dalam rangka Hari Bakti PU ke-77, diantaranya lomba mural, bersepeda dalam rangka berbagi ke-bike-an, baksos, dan yang tak kalah menarik dapat mengikuti kuis-kuis berhadiah yang ada di dalam pameran ini.

Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan dalam sambutan virtualnya “Dampak ekonomi global akibat pasca pandemi Covid dan krisis di Ukraina yang berkepanjangan sangat dirasakan kita bersama di tahun 2022 ini, namun tidak mematahkan upaya kita untuk tetap membangun infrastruktur negeri, infrastruktur Jawa Tengah. Sinergi dilakukan dengan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan kepanjangan tangannya di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana dan Bengawan Solo, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasioanal Jawa Tengah-DIY (BBPJN) Jateng-DIY, dan Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Jawa Tengah (BPPW) Jawa Tengah, serta terpadu dengan Dinas PU dan Dinas Teknis yang melaksanakan pembangunan insfrastruktur ke-PU-an di Jawa Tengah. Telah melaksanakan tugas dan amanah membangun insfrastruktur bidang pengairan, kebinamargaan dan keciptakaryaan”.(bjk_elf)