WORKSHOP SISTEM INFORMASI PEMBINA JASA KONSTRUKSI (SIPJAKI) JAWA TENGAH TAHUN 2022

Magelang - Saat ini pembinaan jasa konstruksi telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD Pembina jasa konstruksi yang ada di masing-masing pemerintah daerah. Pembinaan jasa konstruksi yang telah dilakukan tersebut perlu terdokumentasi, tersosialisasikan dan terinformasikan dengan baik kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan amanat dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017 pada pasal 8 ayat 2 bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kota mempunyai tugas penyelenggaraan sistem informasi Jasa Konstruksi cakupan daerah kabupaten/kota. Untuk itu Pemerintah Pusat telah membangun sebuah sistem informasi yang terintegrasi untuk seluruh kabupaten/kota seluruh Indonesia yang bernama Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi (SIPJAKI), yang bertujuan untuk memenuhi pencapaian kinerja Kabupaten/Kota bidang Jasa Konstruksi berdasarkan undang-undang tersebut.

Pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2022, Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Workshop Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi (SIPJAKI) di Hotel Atria, Magelang. Kegiatan ini dihadiri oleh para Pembina Jasa Konstruksi dan para administrator SIPJAKI dari 35 kab/kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah yang hadir secara virtual. “Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi (SIPJAKI) dibangun sebagai media bagi Pemerintah Daerah untuk memantau pemenuhan indikator kinerja kewenangan (IKK) sub urusan jasa konstruksi pada daerahnya masing-masing dan juga sebagai media Pemerintah Pusat untuk memantau pemenuhan IKK sub urusan jasa konstruksi pada Pemerintah Daerah. Oleh karena itu setiap Pemerintah Daerah wajib mengupdate SIPJAKI pada daerahnya masing-masing melalui administrator daerah yang ditunjuk.” Ujar beliau dalam sambutannya. Beliau juga berharap melalui penyelenggaraan Workshop SIPJAKI Tahun 2022 ini dapat menjawab kendala dan permasalahan yang dialami oleh administrator SIPJAKI daerah sehingga setelah kegiatan ini selesai penginputan data SIPJAKI di daerah dapat berjalan rutin dan optimal.

Adapun materi Workshop disampaikan oleh narasumber dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR yaitu Ir. Joko Karsono, ST, MT. Beliau menyampaikan materi mengenai Kebijakan Pengembangan Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi berikut menikasme pengelolaan data SIPJAKI. Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan Praktek langsung Updating Data Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi (SIPJAKI) dan diskusi untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para administrator SIPJAKI daerah. Dengan metode interaktif melalui sesi tanya jawab, para peserta menyampaikan kendala yang mereka hadapi baik dari SIPJAKI maupun dari tata cara pengisian IKK Kabupaten/Kota. Pada umumnya disampaikan diperlukan banyak koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan guna memenuhi data yang diperlukan untuk SIPJAKI maupun IKK Kabupaten/Kota. Peserta pun mengusulkan adanya integrasi sistem yang dikelola Kementerian Pekerjaan Umum guna mempermudah dalam pelaksanaan pengawasan kewenangan Kabupaten/Kota. (bjk-amr)