Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Ahli Muda Bidang Konstruksi Jawa Tengah Tahun 2021

Semarang - Pembangunan SDM merupakan salah satu prioritas pembangunan dan menjadi salah satu agenda prioritas nasional. Di bidang jasa konstruksi terkait dengan isu SDM, masih rendahnya kompetensi tenaga kerja konstruksi, menjadi perhatian khusus sehingga peningkatan kapasitas SDM menjadi kekuatan utama untuk mencapai keberhasilan dalam membangun khususnya di bidang konstruksi. Mengingat di era pasar global, perlu meningkatkan kompetensi tenaga konstruksi agar mampu bersaing dengan negara lain.

Sesuai dengan amanah terkandung dalam UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan ditegaskan dalam UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bahwa salah satu kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi yaitu penyelenggaraan pelatihan tenaga ahli jasa konstruksi. Dalam rangka peningkatan kapasitas para pelaku jasa konstruksi di Provinsi Jawa Tengah, maka Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas PU Bina Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Ahli Muda Bidang Konstruksi tahun 2021.

Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Ahli Muda Bidang Konstruksi ini akan dilaksanakan secara virtual dalam 3(tiga) serangkaian kegiatan. Dimulai dengan pembekalan materi tambahan selama 4(empat) hari dari tanggal 6-9 September 2021, selanjutnya peserta juga dijadwalkan mengikuti pendalaman materi melalui Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri (SIBIMA) yang dimulai sejak tanggal 6-15 September 2021. Peserta yang memenuhi syarat kelulusan pada 2 (dua) tahapan sebelumnya akan lanjut ke tahapan uji sertifikasi. Rangkaian uji sertifikasi dilaksanakan mulai tanggal 20-24 September 2021, dengan assesor dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Persiapan kegiatan ini telah dimulai beberapa bulan sebelumnya mengkoordinasikan dengan perguruan tinggi untuk perekrutan calon peserta fresh graduate dan penandatanganan dokumen Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama antara Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah dengan 9 (sembilan) Perguruan Tinggi dan 1 (satu) Politeknik di Jawa Tengah. Perguruan Tinggi tersebut yang terlibat dalam kegiatan yaitu UNDIP, UNS, UNSOED, UNNES, USM, UNISSULA, UNTAG, UPGRIS, UNIMUS dan Politeknik Negeri Semarang.

Kegiatan ini akan dimulai dengan seremonial acara pembukaan pada tanggal 6 September 2021 dan akan melibatkan perserta lebih dari 900 orang peserta, yang merupakan para lulusan baru atau fresh graduate yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Jawa Tengah.  Kegiatan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Ahli Muda Bidang Konstruksi yang akan terselenggara minggu depan ini sebagai wujud kerjasama antara Kementerian PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dan Perguruan Tinggi di Jawa Tengah. 

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat khususnya dalam hal peningkatan kapasitas SDM bidang konstruksi  dan untuk mendukung pembangunan di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Tengah. (bjk-766he)